Langsung ke konten utama

CANTIKMU, CANTIK++ (HALAL)

Di tengah liburan lebaran kali ini, saya iseng menonton televisi. Namun karena bosan dengan acara tv yang “gitu-gitu aja”, walhasil tombol-tombol di remote tak henti-hentinya saya pencet. Hampir semua stasiun tv menayangkan acara perayaan lebaran, ada juga yang menayangkan acara musik yang dihiasi dengan ornamen lebaran.. Hmm, tetap aja membosankan buat saya. Tombol di remote pun jadi sasaran kebosanan saya. Hyat Hyat Hyat! Eh, bentar! Ada acara infotainment! Kok menarik ya.. Bukaan, bukan gosip kook.. Liputan tentang Marshanda yang sedang hamil! Subhanallah, cantik ya Marshanda ini dengan jilbabnya. Makin cantik setelah berjilbab! Mana model jilbabnya lucu-lucu gitu!:D


                Hmm, sebenarnya Marshanda bukan satu-satunya public figure yang mengenakan jilbab atau hijab saat ini. Ada Saskia A. Mecca, Inneke Koesherawati, Puput Melati, istrinya Ustadz Solmed (saya lupa namanya,hehe..), dan masih baaanyak lagi! Cantik-cantik ya mereka itu! Mereka tetap cantik mempesona dengan pakaian dan hijab yang sesuai dengan ajaran agama. Tapi, tak hanya mereka saja yang cantik dengan hijabnya kok! Saat ini sudah banyak wanita muslim di Indonesia yang sudah sadar untuk mengenakan hijab. Anggapan masyarakat bahwa hijab itu menutupi kecantikan seorang kini mulai terkikis. Semua wanita bisa cantik, bahkan bisa lebih cantik dengan hijabnya. Buktinya? Liat aja deh, saat ini makin banyak pengguna hijab yang terlihat cantik dan modis. Ada begitu banyak modifikasi model hijab yang membuat hijab terlihat makin cantik. Bahkan saat ini sudah banyak video tutorial pemasangan hijab yang modis beredar di internet, banyak pula buku, blog, situs, majalah, acara televisi yang membahas hijab yang cantik dan modis. Tak hanya itu, toko pakaian, butik, katalog fashion pun sudah mulai dihiasi dengan pakaian para hijabers..
                Hmm, tapi tak hanya hijab lho yang bisa mempercantik penampilan kita para wanita. Kosmetik! Ya, kosmetik juga bisa menunjang penampilan cantik kita! Mulai dari bedak, lipstik, eyeshadow, blush in, dan kawan-kawannya. Plok plok plok, tepukin bedak di sana sini, beri lipstik, pasang ini itu, taraaang, penampilan kita makin cantik deh! Kita bisa makin percaya diri menjalani aktivitas! Tenang deh! Eh? Tenang? Ga juga sih.. Denger-denger nih, ada kosmetik yang mengandung unsur-unsur haram di dalamnya! Waduh, bahaya dong ya, udah dandan cantik-cantik, tapi ternyata cantiknya gak halal!

Kosmetikmu (mungkin) tak halal!
                Nah, ngomong-ngomong tentang kosmetik, awalnya saya kira kosmetik itu ya segala sesuatu yang biasa kita pakai di muka aja. Bedak, lipstik, dan saudara-saudaranya itu. Tapi ternyata saya salah! Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, kosmetik adalah obat (bahan) untuk mempercantik wajah, kulit, rambut, dan sebagainya (seperti bedak, pemerah bibir). Berdasarkan Keputusan Kepala Badan POM RI No. 1745 Tahun 2003 tentang Kosmetik, kosmetik adalah bahan atau sediaan yang dimaksudkan untuk digunakan pada bagian luar tubuh manusia (epidermis, rambut, kuku, bibir dan organ genital bagian luar) atau gigi dan mukosa mulut terutama untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan atau memperbaiki bau badan atau melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi baik. Kosmetik dibagi menjadi 3 golongan, yaitu menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI, menurut sifat dan cara pembuatanya, serta menurut kegunaan bagi kulit.


1.       Penggolongan Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI
Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI, kosmetik dibagi menjadi:
1.       kosmetik untuk bayi, misalnya, minyak bayi, bedak bayi, dan sebagainya;
2.       kosmetik untuk mandi, misalnya sabun mandi, bath capsule, dan sebagainya;
3.       kosmetik untuk mata, misalnya mascara, eye shadow, dan sebagainya;
4.       wangi – wangian, misalnya parfum, toilet water, dan sebagainya;
5.       kosmetik untuk rambut, misalnya cat rambut, hair spray, dan sebagainya ;
6.       make up (kecuali mata), misalnya bedak, lipstik, dan sebagainya;
7.       kosmetik untuk kebersihan mulut, misalnya pasta gigi, mouth washes, dan sebagainya;
8.       kosmetik kebersihan badan, misalnya deodorant, dan sebagainya;
9.       kosmetik untuk perawatan kuku, misalnya cat kuku, lotion kuku, dan sebagainya;
10.   kosmetik perwatan kulit, misalnya pembersih , pelembab, pelindung dan sebagainya;
11.   kosmetik untuk cukur, misalnya, sabun cukur, dan sebagainya;
12.   kosmetik untuk suntan dan sunscreen, misalnya sunscreen foundation, dan sebagainya,

2.       Penggolongan menurut sifat dan cara pembuatanya
Menurut sifat dan cara pembuatanya kosmetik dibagi menjadi dua bagian yaitu :
1.       Kosmetik Modern
kosmetik modern yaitu kosmetik yang diramu dari bahan kimia dan diolah secara modern (termasuk diantaranya adalah cosmedics).
2.       Kosmetik Tradisional
Jenis kosmetik tradisional ada 3 macam, yaitu
·         Betul betul tradisional, misalnya mangir dan lulur yang bahanya diambil dari alam dan diolah menurut resep dan cara yang diajarkan secara turun temurun.
·         Semi tradisional, yakni yang diolah dengan cara modern dan diberi bahan pengawet agar tahan lama.
·         Hanya namanya saja yang tradisional, sedangkan isinya tanpa komponen yang benar benar tradisional dan diberi zat warna yang menyerupai bahan tradisional.

3.       Penggolongan menurut Kegunaanya Bagi Kulit
Menurut kegunaanya bagi kulit, kosmetik dibagi menjadi dua bagian, yaitu :
1.       Kosmetik perawatan kulit (skin care cosmetics).
Jenis kosmetik ini perlu untuk merawat kebersihan dan kesehatan kulit, Beberapa kosmetik yang termasuk jenis kosmetik perawatan kulit ini, antara lain, adalah :
·         Kosmetik untuk membersihkan kulit (Cleanser), misalnya sabun, cleaning,cream, cleansing milk, dan penyegar mulut (freshmer).
·         Kosmetik untuk melembabkan kulit (moisturizer), misalnya moisturizing cream, night cream,dan antiwrinkle cream.
·         Kosmetik pelindung kulit, misalnya sunscreen cream, sunscreen foundation, dan sun block cream / lotion.
·         Kosmetik untuk menipiskan atau mengelupaskan kulit (peeling), misalnya scrub cream yang berisi butiran butiran halus yang berfungsi sebagai pengampelasan (abrasiver).
2.       kosmetik riasan (dekoratif atau make up)
Jenis kosmetik ini di perlukan untuk merias dan menutup cacat pada kulit, sehingga menghasilkan penampilan yang lebih menarik serta menimbulkan efek psikologis yang baik, seperti percaya diri (self confidence), Dalam kosmetik riasan, peran zat pewarna dan zat pewangi sangat besar.

           Tuh kan, saya salah, hehe.. Ternyata kosmetik itu banyak macemnya, ga hanya yang dipakai di muka. Dan banyak kosmetik yang kita gunakan setiap hari. Terus, kalau nih misalkan ada kosmetik yang kita gunakan setiap hari, ternyata ada kandungan yang haram, gimana dong?
Pertama nih, kita harus tau, gimana ceritanya kosmetik itu bisa menjadi haram alias tidak halal lagi? Jadi, menurut voiceofmuslimahbekasi.wordpress.com/2009/05/22/titik-kritis-pencemaran-bahan-haram-pada-kosmetik ada beberapa titik kritis yang bisa mengancam kehalalan kosmetik. Apa aja?
1.       Ekstrak Plasenta
Plasenta adalah selaput pembungkus janin dalam kandungan (rahim) ibu, sebagai penjamin gizi pada janin, dll. Secara klinis, plasenta dipercaya dapat mencegah penuaan kulit serta mampu meremajakan kulit yang telah keriput, menghaluskan, melembabkan, dan membuat kulit tampak segar sebagaimana layaknya bayi.Plasenta ini biasa digunakan dalam hand and body lotion. Plasenta ini dapat berasal dari plasenta hewan yang halal dikonsumsi dan juga halal digunakan sebagai kosmetik. Namun, ada juga kosmetik yang menggunakan plasenta dari hewan yang haram dikonsumsi, bahkan ada juga yang menggunakan plasenta manusia. Serem kan?  Ya, plasenta yang dianggap memiliki kualitas terbaik untuk kosmetik adalah plasenta manusia! Dan memang terbukti ada beberapa jenis kosmetik yang menggunakan plasenta manusia. Agak gimana gitu ya, ngebayangin kulit kita jadi halus setelah dilumuri plasenta manusia, hii..
2.       Cairan Amnion
Cairan ini adalah cairan ketuban yang berada di sekitar janin dalam kandungan, berfungsi melindungi janin dari benturan fisik dan sebagai pelicin (lubricant) pada proses persalinan. Cairan amnion dipercaya dapat membantu melembabkan, melembutkan, serta menghaluskan kulit sehingga kerap digunakan dalam pembuatan pelembab, lotion rambut, shampoo, serta berbagai produk perawatan kulit dan kepala lainnya. Cairan amnion ini biasanya berasal dari sapi, atau..hmm, babi!
3.       Glycerine/Gliserol
Nah, kalau yang satu ini adalah turunan lemak yang diperoleh dari hasil samping pembuatan sabun. Berkhasiat untuk membantu melembabkan, melembutkan, serta menghaluskan kulit. Dipakai dalam produk hand and body lotion, sabun mandi, pelembab, krim, lipstik, lipgloss, dll. Gliserin ini dapat berasal dari lemak nabati maupun hewani, seperti sapi dan babi.
4.       Kolagen
Kolagen merupakan protein jaringan ikat yang liat dan bening kekuningan, bila terpapar panas akan mencair menjadi cairan yang agak kental seperti lem, tidak larut dalam air dan dapat menahan air.kolagen sangat penting untuk pertumbuhan sel sehingga sangat penting untuk proses regenerasi sel, menjaga kelenturan kulit, serta mencegah keriput dan digunakan dalam pelembab dan hand and body lotion. Dalam industri kosmetik, kolagen yang biasa digunakan berasal dari hewani (sapi dan babi), dan manusia.
5.       Vitamin
Vitamin diyakini mampu mensuplai kebutuhan gizi bagi kulit. Penggunaan vitamin dalam kosmetik ini bisa menjadi haram karena adanya bahan pelapis. Sifat vitamin yang tidak stabil mengharuskan adanya bahan pelapis atau coating agent. Coating agent yang biasa digunakan adalah gelatin (yaitu protein hasil hidrolisis jaringan kolagen tulang dan kulit binatang), karagenan, gum, atau pati termodifikasi. Nah, coating agent ini dapat menjadi haram apabila berasal dari gelatin dari binatang yang haram seperti babi.
6.       Hormon
Hormon yang biasa digunakan dalam produk kosmetik antara lain estrogen, ekstrak timus, dan hormon melantonin yang dipercaya mampu memberikan efek tampak lebih muda, cantik, segar ceria serta lembut seperti bayi. Hormon ini berasal dari hewan, dan akan menjadi haram jika hewan tersebut juga haram.
7.       Asam Alfa Hidroksi (AHA)
Suatu senyawa kimia yang sangat berguna mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur kulit. Dipercaya berkhasiat unutk membuat kulit terasa lebih halus, kenyal dan mantap. Pembuatan AHA menggunakan media yang berasal dari hewan, dan kalau media hewannya haram, yaaa kosmetiknya jadi haram juga deh..

Yah, ternyata banyak juga titik kritis haram kosmetik ya. Dan kosmetik-kosmetik itu sudah beredar di sekitar kita. Terus gimana ya cara menghindarinya? Memang hingga saat ini belum ada cara mudah untuk mengenali dan menghindari kosmetik halal karena bahan-bahan turunan yang digunakan sudah sedemikian kompleks. Di samping itu, selain bahan halal dan nonhalal, ada bahan-bahan yang dikategorikan sebagai mashbooh, atau perlu ditelusur lebih lanjut (questionable). Ada nama teknis dan nama paten, yang biasa terdapat dalam komposisi kosmetik. Secara umum dikategorikan mashbooh, karena biasanya berasal dari hewan: allantoin (alantoin), asam amino, cholesterol, kolagen, colours/dye, cystine (sistina), elastine, gelatine (gelatin), glycerine (gliserin), hyaluronic acid (asam hialuronat), hydrolysed animal protein, keratin, lanolin, lypids, oleic acid (asam oleat), stearic acid (asam stearat), stearyl alcohol, tallow (lemak hewan), vitamin A. Bahan lain yang sebaiknya dihindari (telah dinyatakan haram oleh LPOM MUI) adalah Sodium Heparin dan Plasenta.
Tapi agak susah juga kali ya kalau kita harus membaca komposisi kosmetik yang akan kita gunakan. Mana kadang para produsen kosmetik dengan “pintarnya” mengakali kita dengan menulis komposisi yang tidak kita mengerti. Ada cara yang bisa dikatakan cukup mudah sih. Daripada mencari tau mana yang haram, mending kita cari yang udah pasti halal, iya kan? Nah alhamdulillah nih negeri kita tercinta ini sudah punya lembaga pemberi sertifikat halal, yaitu MUI. Hingga saat ini sudah ada beberapa produk kosmetik yang telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI, contohnya Wardah. Sederetan produk Wardah mulai dari skin care, make up series, sampai paket kosmetik untuk beribadah haji, lengkap dengan label halalnya, sudah bisa kita temui di berbagai toko kosmetik! Insyaallah deh, produk kosmetik yang sudah ada label halal dari MUI amaaan buat kita!;)
Eh tapi, jangan cuma sekadar mau cantik dan halal sendiri lho ya.. Yuk kita kita berbagi informasi tentang kosmetik halal ke teman-teman kita.. Boleh lah ya dengan berbagi informasi dari blog ini,hehe.. Dan yang penting, kita ajak semua wanita muslim untuk memakai kosmetik yang halal, biar ga hanya cantik, tapi cantik++halal! J

ini nih salah satu kosmetik halal di Indonesia, Wardah! :)
Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

the art of "ngeteng":: Bintaro-Bandar Lampung!

back to Bintaroooo... Alhamdulillah udah balik ke Bintaro lagi, semoga aja otak bisa lebih fresh untuk nerima materi kuliah lagi.. Amiiinn...:D

Sekitar Dua Minggu Lalu Ya, sekitar dua minggu lalu saya menggalau. Bukan, bukan galau cinta. Juga bukan galau akademis. Kali ini saya galau liburan. Dalam rangka Natal dan Tahun Baru, kampus memberikan Libur selama satu minggu. Dan ditambah dengan hasil lobi dengan para dosen, libur kami bertambah menjadi dua minggu. Cukup lama. Tapi tak cukup lama bagi saya yang berkampung halaman di ujung timur Pulau Jawa ini. Bintaro-Bondowoso. Sekitar 22 hingga 24 jam by bus lah, itu kalau lancar. Akhir tahun lalu, ketika saya pulang kampung pas masa-masa liburan akhir tahun seperti ini, saya harus merelakan diri terduduk lesu di dalam bis selama 30 jam karena macet parah.

SUSU, SEHAT DAN HALAL!

"Eh Ari, lucunyaaa... Gendut banget.. Tante jadi gemes nih! Ari suka minum susu ya kok bisa gendut gini,,??"
Susu? Bikin gendut? Hehe.. Dulu sih saya juga sempat berpikir seperti itu. Susu kan penuh lemak, ntar saya gendut dong kalau saya minum susu. Hmm, minum susu=gendut? Oke, saya yang (dulu) kurus bisa gemukan kalau minum susu! Eits, itu dulu... Sekarang? Ya, setelah sekian lama minum susu, saya pun jadi agak gemuk (hiks,,dulu sih pengen agak gemuk,tapi sekarang pengen kurus lagi), tapiii bukan susu kok penyebabnya! :D
Empat Sehat Lima Sempurna Masih ingat ga dengan kata-kata di atas? Slogan ini saya dapatkan ketika saya masih duduk di bangku sekolah dasar, entah kelas berapa. Saya yang masih unyu waktu itu mendapatkan penjelasan bahwa tubuh kita membutuhkan beberapa jenis makanan yang kita kenal dengan sebutan empat sehat lima sempurna. Ajian sakti ini terdiri dari makanan pokok, sayur mayur, lauk pauk, dan buah-buahan. Jika mengkonsumsi empat jenis makanan itu, badan kita…