Langsung ke konten utama

PANAS! PANAS! PANAS!!!!

Haaah, hari ini benar-benar panas. Sekian hari terakhir memang udara di sekitar kosan dan kampus luar biasa panasnya. Ditambah lagi, pohon di depan kosan ditebang oleh pemiliknya yang super duper pelit. Dan akibatnya, tidak ada lagi rimbun dedaunan yang menghalangi terik matahari menuju jendela kamar saya..T^T

Pemanasan Global?
Iya sih ya, kayaknya semua juga udah pada tau kalo sekarang lagi pada heboh ngomomngin topik ini. Dalam Wikipedia dijelaskan bahwa Pemanasan Global atau global warming adala suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 +/- 0.18 derajat Celsius selama seratus tahun terakhir.


Pemanasan global yang disebabkan oleh adanya efek rumah kaca, efek timbal balik, dan variasi matahari ini membawa berbagai dampak yang terlihat jelas di bumi pertiwi. Mulai dari Iklim yang tidak stabil, udah pada nyadar kan gimana kacaunya musim-musiman di Indonesia sekarang. Kalau dulu, pas saya SD, dijelaskan di buku kalau Indonesia memiliki dua musim, penghujan di Oktober-Maret, dan kemarau di bulan April-September. Dan sekarang? pekan terakhir bulan November, dan hujan hanya mengguyur Jakarta beberapa kali.
Dampak berikutnya yang pasti kita rasakan adalah meningkatnya suhu bumi. Nah, ini nih, yang saya rasakan sekarang. Kamar kost kecil saya ini wow banget panasnya. Kipas angin yang udah muter-muter dengan kecepatan maksimal tak banyak membantu. Itu sih baru efek ke kita, manusia, secara fisik. Efek luar biasanya, es-es yang ada di kutub juga kepanasan kan, terus pada meleleh, lelehannya ya larinya ke laut. Mending kalau es-nya sedikit, ini es-nya segunung-gunung. Lelehan es segunung-gunung itu nambahin volume air yg ada di laut, dan efeknya ya air laut naik..Dan yang juga kasian, makhluk-makhluk yang tinggal di kutub mulai kehilangan tempat tinggalnya. Beberapa waktu lalu saya pernah melihat Oprah Winfrey Show yang menayangkan seekor anak beruang kutub yang sedang berburu ikan di atas hamparan kolam yang membeku. Saat ia di tengah hamparan itu, permukaan kolam mencair, dan menjadi lempengan-lempengan es yang terpisah. Dengan susah payah anak beruang itu berenang dengan berpegangan pada sebuah lempangan yang bisa ia pegang.

What should we do?
ya, apa yang bisa kita perbuat? Mungkin memang sudah banyak organisasi atau yayasan yang menggalakkan berbagai program dalam rangka menanggulangi global warming ini. Tapi apa iya kita harus nunggu terlibat dalam program itu dulu, baru bisa "bergerak"?
Nah, sebagai anak muda, kita harus melakukan sesuatu lah! yang kecil-kecil dulu ga papa. Kan sesuatu yang besar berasal dari sesuatu yang kecil... Nah,apa ya yang bisa kita lakukan..hmm.. Saya coba buat listnya ya..:

  1. Kertas, pasti kita sering make kertas. Tugas ini itu sekarang serba diprint kan,,Nah kalo tu tugas udah ga kepake,kan ada kertas kosong dibaliknya. Bisa kita manfaatin tuh..Paling ga kita jadi bisa memaksimalkan nilai utilitas kertas yang dibuat dari pepohonan..:)
  2. Kantong plastik..Nah, kalo saya sih masih jadi anak kost yang sering beli makan di warung, dan pasti tiap beli makanannya dibunkus kantong plastik item kecil. Kalo sehari 3x makan=3kantong plastik..kalo 1 tahun..365X3=1095 kantong plastik..Itu baru saya sendiri..Di kostan saya ada 15 orang..1095x15=16.425 kantong..Itu baru kosan saya aja..Banyak bangeeeet..T^T..Ya udah, kalo gitu mulai sekarang saya janji mau ngurangin pemakaian kantong plastik. Kalopun terpaksa make, sebisa mungkin ga langsung dibuang. disimpen. Dipake buat apa gitu kek..
  3. Botol plastik..Saking panasnya cuaca akhir-akhir ini pasti pada sering haus. Kalo ga bawa minuman sih ya solusinya beli, dan tawaran minuman yang paling praktis, gampang dibawanya, ada di mana-mana ya minuman botol. Terus, setelah minum, dibuang deh botolnya.. Saya juga masih sering gitu kok..T^T Padahal ya plastik botolnya kan termasuk bahan non organik yang susah diuraikan. Setipe lah ya sama kantong plastik, susah diuraikan sama tanah, kalo dibakar mengeluarkan karbon yang luar biasa. Mulai sekarang mending bawa botol minum sendiri, yang bisa diisi ulang. Jadi bisa ngurangin sampah botol deh..:)
Apa lagi ya..Mungkin baru itu aja sih yang terlintas di pikiran saya sekarang..Simple sih, dan keliatan "sepele".. Tapi paling ga kan ada "sesuatu" yang bisa kita lakukan. Daripada diem aja. Apalagi protes sana sini..Hohoho..

as always.. I just write down a "kata fina"..=)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

the art of "ngeteng":: Bintaro-Bandar Lampung!

back to Bintaroooo... Alhamdulillah udah balik ke Bintaro lagi, semoga aja otak bisa lebih fresh untuk nerima materi kuliah lagi.. Amiiinn...:D

Sekitar Dua Minggu Lalu Ya, sekitar dua minggu lalu saya menggalau. Bukan, bukan galau cinta. Juga bukan galau akademis. Kali ini saya galau liburan. Dalam rangka Natal dan Tahun Baru, kampus memberikan Libur selama satu minggu. Dan ditambah dengan hasil lobi dengan para dosen, libur kami bertambah menjadi dua minggu. Cukup lama. Tapi tak cukup lama bagi saya yang berkampung halaman di ujung timur Pulau Jawa ini. Bintaro-Bondowoso. Sekitar 22 hingga 24 jam by bus lah, itu kalau lancar. Akhir tahun lalu, ketika saya pulang kampung pas masa-masa liburan akhir tahun seperti ini, saya harus merelakan diri terduduk lesu di dalam bis selama 30 jam karena macet parah.

SUSU, SEHAT DAN HALAL!

"Eh Ari, lucunyaaa... Gendut banget.. Tante jadi gemes nih! Ari suka minum susu ya kok bisa gendut gini,,??"
Susu? Bikin gendut? Hehe.. Dulu sih saya juga sempat berpikir seperti itu. Susu kan penuh lemak, ntar saya gendut dong kalau saya minum susu. Hmm, minum susu=gendut? Oke, saya yang (dulu) kurus bisa gemukan kalau minum susu! Eits, itu dulu... Sekarang? Ya, setelah sekian lama minum susu, saya pun jadi agak gemuk (hiks,,dulu sih pengen agak gemuk,tapi sekarang pengen kurus lagi), tapiii bukan susu kok penyebabnya! :D
Empat Sehat Lima Sempurna Masih ingat ga dengan kata-kata di atas? Slogan ini saya dapatkan ketika saya masih duduk di bangku sekolah dasar, entah kelas berapa. Saya yang masih unyu waktu itu mendapatkan penjelasan bahwa tubuh kita membutuhkan beberapa jenis makanan yang kita kenal dengan sebutan empat sehat lima sempurna. Ajian sakti ini terdiri dari makanan pokok, sayur mayur, lauk pauk, dan buah-buahan. Jika mengkonsumsi empat jenis makanan itu, badan kita…