Langsung ke konten utama

UAS ... UJIAN LAHIR BATIN!!

Haah,,,, Akhirnya UAS semester ini telah usai! Ya, semester tiga ini memang sudah terkenal sebagai masa-masa terberat di kampus Ali Wardhana ini.. Dan ternyata, emang iya! Mata kuliah tingkat dewa setia menemani kami sepanjang semester ini.. Dan alhamdulillah semua ujiannya sudah terlewati.. :)

#1st Day
Perpajakan I

Hmm.. UAs kali ini diawali dengan makul yang sebenarnya paling tidak saya mengerti.. Dasar-dasar dari Pengantar Perpajakan yang sudah saya dapat semester lalu benar-benar lemah.. Dan semester ini pun saya agak-agak gak nyambung sama perpajakan ini.. Ditambah dengan kemampuan hafalan saya yang tidak terlalu bagus. Karena berbagai alasan itu, saya mati-matian belajar pajak. Materi utama tentang PPh OP dan Badan. Berbagai macam soal saya kerjakan sampai kepala saya berasa berasap. Dan paginya pun, ujian dimulai. Soal dibagikan. Dan taraanngg, petunjuk di atas soal essay berbunyi : Pilihlah satu dari dua soal berikut!(50%)
ahaa!!Berhubung saya saya lebih banyak mengerjakan latihan PPh Badan, ya saya pilih yang PPh Badan. Beberapa menit berlalu. Tiba-tiba, saya merasa stuck di satu titik. Oh tidaakk.. Malam sebelumnya saya terlalu memforsir otak saya. Tiba-tiba saya merasa blank!! haah.. Akhirnya saya kerjakan sebisanya.. Bismillaahh..

#2nd Day
Lab Akuntansi Keuangan Menengah
Untuk makul ini, saya cukup tenang. Hantaman kuis berkali-kali cukup menempa pedang saya untuk menghadapi UAS. Walaupun sempat bingung di beberapa bagian, tapi saya sangat lega karena bisa mengerjakan dengan penuh kedamaian.. :)

#3rd Day
Akuntansi Keuangan Menegah I
Setelah sehari sebelumnya berkutat dengan soal problem yang complicated, kali ini saya harus berkutat dengan teori. Pada saat soal dibagikan, saya menatapnya dengan mata berbinar-binar. Soalnya sama persis dengan kuis yang pernah dosen kelas saya berikan! Senangnyaa.. Soal halaman pertama saya babat sambil senyum-senyum bahagia. Lanjut halaman berikutnya.. Njleb!! Soal berikutnya beda!! Ah,harus bisa Fina! *menyemangati diri*.. Dan soal-soal berikutnya banyak mengenai Properti Investasi.. Aaaa~~ saya gak belajar banyak tentang ituu..

Jeda UAS
haaahh,, akhirnya ada waktu untuk sedikit bernafas lega! Tapi UAS belum berakhir! Saya masih harus belajar!! Tapii,,akhirnya, setelah dibujuk rayu oleh sahabat-sahabat saya, saya pun meluncur ke BSD untuk menonton pensi salah satu SMA disini. Dan ternyataaa,, bener-bener gak rugi!! Karena baru berangkat sore, kami pun hanya sempat menonton sebagian pengisi acara. Dan sebagian-pengisi-acara itu adalah The Wild and The Trees, Shaggy Dog, Mocca, The S.I.G.I.T, /Rif, dan Sheila on 7!! Yeah!! :D

#4th Day
Lanjut UAS lagiiii~~ :D
Makroekonomi
Karena dosen koordinator makul ini adalah dosen kelas saya, jadi alhamdulillah sudah tau tipe soal yang akan keluar gimana. Gak jauh beda dengan soal taun lalu, tapi tetep aja berkualitas, berbobot, dan bisa membuat kami berpikir keras + berusaha menulis indah tapi cepat untuk menjawabnya.. (bahkan teman saya ada yang menghabiskan sepuluh halaman folio saking panjangnya jawabannya!!)


#5th Day
Sistem Informasi Akuntansi
Naahh,, ini nih,, Di makul ini saya harus mengafalkan aturan-aturan untuk membuat Flowchart dan Diagram REA! Karena kurang latihan, saya jadi nggak nguasai aturan-aturan itu.. Ya sudahlah, saya kerjakan sebisanya.. Yang penting logikanya dapet!Hehe..

#6th Day
Akuntansi Pemerintahan
Awalnya sempat bingung gimana belajarnya, secara referensi utama yang digunakan itu berbahasa inggris.. hehe.. Untungnya dosen saya selalu memberikan mind map di setiap pertemuan, jadi ada "arahan" belajar.Malam sebelumnya juga sempat belajar soal kuis salah satu kelas, dan alhamdulillah soal essai yang keluar gak jauh beda sama soal kuis itu.. :)

#7th Day
Cost Accounting
Kata-kata save the best for the last sepertinya cocok untuk menggambarkan UAS kali ini. Cost Accounting. Serem. Materi banyak. Susah dimengerti. Semangat belajar sudah menurun. Otak dan badan juga sudah terforsir. Sekitar jam 12 malam sebelum ujian Cost saya sempat benar-benar drop. Gak ngerti apa-apa. Udah gak punya tenaga buat belajar. Alhamdulillah, paginya Tuhan mengirimkan malaikat yang membuat saya semangat kembali.. :') Soal pun dibagikan.. Alhamdulillah, saya bisa mengerjakan dengan lancar walau gak tau bener apa nggak.. Hehe..

Dan akhirnya, UAS semester 3 ini berakhir dengan indah. Segala usaha yang saya lakukan memang masih sangat jauh dari kata maksimal. Tapi saya tetap berdoa Allah memberikan nilai terbaik yang layak saya terima.. *walaupun tingkat kelayakan saya berbeda dengan teman yang lain.. :)
dan juga saya harus-wajib-fardlu-kudu mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah bantu saya selama UAS ini..

thanks to:
Allah SWT
Mama, Papa, Mb Era, Gilang, Hilda
Sekolah Tinggi Akuntansi Negara
Insan Sindo
Guava
Kingdom
Poaners
H3 -Papin, Lina, Aga, Ami, Haqi-
fotocopyan
Himas
Immsi
dan malaikat yang telah dikirimkan oleh-Nya.. :)
*berasa habis dapet penghargaan.. XD

Komentar

Postingan populer dari blog ini

the art of "ngeteng":: Bintaro-Bandar Lampung!

back to Bintaroooo... Alhamdulillah udah balik ke Bintaro lagi, semoga aja otak bisa lebih fresh untuk nerima materi kuliah lagi.. Amiiinn...:D

Sekitar Dua Minggu Lalu Ya, sekitar dua minggu lalu saya menggalau. Bukan, bukan galau cinta. Juga bukan galau akademis. Kali ini saya galau liburan. Dalam rangka Natal dan Tahun Baru, kampus memberikan Libur selama satu minggu. Dan ditambah dengan hasil lobi dengan para dosen, libur kami bertambah menjadi dua minggu. Cukup lama. Tapi tak cukup lama bagi saya yang berkampung halaman di ujung timur Pulau Jawa ini. Bintaro-Bondowoso. Sekitar 22 hingga 24 jam by bus lah, itu kalau lancar. Akhir tahun lalu, ketika saya pulang kampung pas masa-masa liburan akhir tahun seperti ini, saya harus merelakan diri terduduk lesu di dalam bis selama 30 jam karena macet parah.

SUSU, SEHAT DAN HALAL!

"Eh Ari, lucunyaaa... Gendut banget.. Tante jadi gemes nih! Ari suka minum susu ya kok bisa gendut gini,,??"
Susu? Bikin gendut? Hehe.. Dulu sih saya juga sempat berpikir seperti itu. Susu kan penuh lemak, ntar saya gendut dong kalau saya minum susu. Hmm, minum susu=gendut? Oke, saya yang (dulu) kurus bisa gemukan kalau minum susu! Eits, itu dulu... Sekarang? Ya, setelah sekian lama minum susu, saya pun jadi agak gemuk (hiks,,dulu sih pengen agak gemuk,tapi sekarang pengen kurus lagi), tapiii bukan susu kok penyebabnya! :D
Empat Sehat Lima Sempurna Masih ingat ga dengan kata-kata di atas? Slogan ini saya dapatkan ketika saya masih duduk di bangku sekolah dasar, entah kelas berapa. Saya yang masih unyu waktu itu mendapatkan penjelasan bahwa tubuh kita membutuhkan beberapa jenis makanan yang kita kenal dengan sebutan empat sehat lima sempurna. Ajian sakti ini terdiri dari makanan pokok, sayur mayur, lauk pauk, dan buah-buahan. Jika mengkonsumsi empat jenis makanan itu, badan kita…