Langsung ke konten utama

ONLINE ONLINE ONLINE!!

Selama tingkat dua ini, frekuensi online saya meningkat drastis. Ya, semenjak laptop yang tadinya ada di rumah ini saya bawa ke perantauan, yang akhirnya terhubung dengan internet berkat wifi kosan, dan taraaanngg... Saya menjelma jadi pengunjung tetap mozilla di laptop saya! Sebenarnya baru sekitar tiga bulan sejak saya aktif berinternet ria, tapi.. sepertinya saya belum bisa mengambil lebih banyak kebaikan daripada keburukan berinternet ria...





Memang, internet itu memiliki banyak kegunaan. Informasi terupdate, hiburan, ilmu pengetahuan, semua ada di internet. Saya pun merasakannya. Mau tau berita terbaru? Buka internet. Ada tugas? Cari aja di internet. Lagi bosen? Seneng-seneng aja di internet. Lagi ada uneg2? Curhat aja di internet. Hee.. Sebenarnya bermanfaat banget sih internet ini..

Tapi, saya mulai merasa "dibodohi" oleh internet akhir akhir ini. Tepatnya oleh jejaring sosial. Berbagai macam jaringan sosial yang sangat menarik bagi saya. Bisa berinteraksi dengan orang-orang yang berada jauh, bisa mengetahui informasi terbaru mereka, bisa mendapat infromasi terbaru juga di sana. Itu sisi positifnya. Negatifnya?? Saya semakin malas! Setiap menyalakan laptop yang saya lakukan adalah mengecek fb dan twitter. Saya hanya aktif di dua jejaring ini. Tapi efeknya luar biasa! Melihat status teman dan mengomentarinya, menanggapi komentar teman di status saya, melihat foto-foto, membaca informasi dari link yang dishare teman, berchat ria. Menyenangkan. Dan membuaikan. Waktu saya yang seharusnya bisa digunakan untuk hal lain justru digunakan untuk melakukan aktivitas yang tidak terlalu penting. Sudah berapa kali tugas saya tertunda hanya karena saya memenuhi hasrat saya untuk ber-fb ria atau ber-twitter ria. Bahkan pada saat uts pun saya masih (memaksakan diri) bersenang-senang di dunia internet. Walau saya sudah pernah menghakimi diri saya sendiri dan berjanji untuk membatasi waktu selancar dunia maya ini. Tapi? saya langgar!Dan gak ada yang protes! (Ya iyalah, hanya saya dan Tuhan yang tahu saya melanggar aturan ini)..

Sekarang saya ingin tegas pada diri saya sendiri!
Ini aturan yang saya buat untuk saya sendiri :
  1. Batasi waktu internet! Maksimal 3 jam perhari!! 
  2. Tinggalkan fb dan twitter!! Boleh log in paling lama 15 menit!! Kalau pingin lihat, buka pake account event yang saya pegang! jangan lewat account pribadi!!
  3. Saat ngenet, hanya boleh buka blog, email, situs berita, dan situs pencari.
  4. Sering-sering baca berita dan informasi menarik biar gak tergoda buka fb atau twitter.
  5. Selama liburan, cari kegiatan lain yang lebih berguna! Stock buku dan film masih banyak kalau butuh hiburan!!
Dan hukuman jika saya melanggar :
  1. Setiap pelanggaran 1 jam lewat waktu internet, maka waktu internet di hari berikutnya HARUS DIKURANGI!
  2. Jika log in dengan account pribadi, minta teman terdekat ganti password dan merahasiakannya sampai 7 hari!
Untuk sementara itu dulu hukuman buat diri saya. Eh sebentar, ini bukan hukuman! Ini aturan demi kebaikan saya! Semoga saya bisa menaatinya.. SEMANGAT!!

*saya menulis ini di blog biar saya selalu ingat aturan yang sudah saya buat dan sudah saya publikasikan ini. :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

the art of "ngeteng":: Bintaro-Bandar Lampung!

back to Bintaroooo... Alhamdulillah udah balik ke Bintaro lagi, semoga aja otak bisa lebih fresh untuk nerima materi kuliah lagi.. Amiiinn...:D

Sekitar Dua Minggu Lalu Ya, sekitar dua minggu lalu saya menggalau. Bukan, bukan galau cinta. Juga bukan galau akademis. Kali ini saya galau liburan. Dalam rangka Natal dan Tahun Baru, kampus memberikan Libur selama satu minggu. Dan ditambah dengan hasil lobi dengan para dosen, libur kami bertambah menjadi dua minggu. Cukup lama. Tapi tak cukup lama bagi saya yang berkampung halaman di ujung timur Pulau Jawa ini. Bintaro-Bondowoso. Sekitar 22 hingga 24 jam by bus lah, itu kalau lancar. Akhir tahun lalu, ketika saya pulang kampung pas masa-masa liburan akhir tahun seperti ini, saya harus merelakan diri terduduk lesu di dalam bis selama 30 jam karena macet parah.

Berawal dari Kata, Berawal dari Keluarga

"Assalamualaikum Bun! Bulan ini ada promo lagi lho dari XXX. Satu paket berisi 12 buku yang biasanya sekian rupiah, sekarang jadi hanya sekian saja, Bun!"
Beberapa kali saya mendapatkan pesan serupa dari teman-teman saya para penjual buku. Tawaran buku mengalir menjadi godaan tersendiri bagi saya. Apalagi saat ini begitu banyak kemudahan yang bisa kita rasakan saat membeli buku secara online. Namun, seberapa penting sih buku untuk kita?

Buku bukanlah hal yang asing bagi saya. Sejak kecil, saya selalu dikelilingi oleh buku, mulai dari buku pelajaran, majalah, ensiklopedia, hingga komik. Hidup dengan lingkungan seperti itu tentu saja membawa pengaruh yang sangat besar bagi kebiasaan membaca buku saya. Dan kini, di saat saya sudah menjadi ibu dari dua anak, tentunya saya ingin menciptakan hal yang serupa bagi anak saya.
Pentingnya Buku dan Membaca
Dulu, setiap awal tahun ajaran, begitu mendapatkan buku paket pelajaran dari sekolah, saya langsung mengambil buku pelajaran Bahasa In…